PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA SMA DAARUL QUR’AN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Taryono Institut Daarul Qur’an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/jibms.v1i1.174

Keywords:

perencanaan, teknik, evaluasi, tindak lanjut, implikasinya pengelolaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, teknik, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasinya pengelolaan SMA Daarul Qur’an Tangerang dimasa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk studikasus eksplanotoris, tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik asanalisis triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: 1)Perencanaan pengelolaan SMA Daarul Qur’an Tangerang: a) Mempertimbangan secara demokratis, b) Penempatan guru yang berkompoten dan profesional pertimbangan psikologis, c) Menjaga kualitas dan peningkatan SDM memanfaatkan sumber daya yang ahli di bidang IT, d) Di bentuk tim kecil dengan tugas menemukan permasalahan sekolah, e) Secara bersama melalui rapat kerja tahunan (RAKER), f) Kesejahteraan guru, g) Menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. 2) Pengelolaan SDM (Guru) di SMA Daarul Qur’an Tangerang: a) Memperkuat dan memperkokoh atribut Smala, iklim kerja humanis serta kultur (kebersamaan, keteladanan, dan (5S), b) Buadaya melek IT, c) Memiliki sasaran mutu, d) Pendekatan individual (supervisi klinis). Teknik evaluasi pengelolaan SDM (Guru) di SMA Daarul Qur’an Tangerang: a) membangun kerja sama tim, b) kesadaran pribadi, reward dan 3) penerpan program unggulan 5S, c) aturan tidak terlalu ketat, d) Program kerja, silabus, RPP sudah terjadwal khusus diawal tahun pelajaran secara serentak di kontrol kepala sekolah, e) menjadikan mereka (guru) mampu bersatu, berkerja sama, memahami, menerima satu sama lain menuju tujuan bersama, f) Guru-guru di Smala bersikap sesuai tuntutan yang tercermin 4 kompetensi, g) pemanfaatan guru produktif untuk kreatif dalam bekerja, kemampuan computer mereka di atas rata-rata, mampu membuat buku pedoman pendidikn SMA Daarul Qur’an Tangerang, dan Guru IN (Instruktur Nasional) dan guru instruktur provinsi, h) Kepemimpinan partisipan, Kegiatan menjadi Pembina, panitia/mengawas, pelatihan, seminar, sosialisasi, dan sebagainnya. 4) Tindak lanjut dari hasil pengelolaan SDM (Guru) di SMA Daarul Qur’an Tangerang: a) mempertimbangkan 4 model manajemen pengelolaan SDM, b) Mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal, c) Mempersiapkan prioritas melet IT, d) Menyesuaikan perubahan eksternal, e) Menggunakan analisis SWOT d, f) Menyatukan persepsi guru, g) Melakukan koordinasi dengan bawahan atas tupoksi yang telah dibebankan, h) Mempertimbangkan secara professional dan secara psikologis, i) Memperkuat sistem yang sudah berjalan, j) Fokus pada visi misi dan tujuan sekolah. 5) Implikasi pelaksanaan pengelolaan SDM (Guru) di SMA Daarul Qur’an Tangerang: a) Guru-guru dengan rasa kekeluargaan, b) rotasi tugas pertimbangan kualitas kerjanya, c) Pemberian insentif, d) Memiliki tim yang kuat, e) Komitmen dan kerja sama guru

Published

2020-12-15

How to Cite

Taryono. (2020). PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA SMA DAARUL QUR’AN DI MASA PANDEMI COVID-19. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 1(1), 23–31. https://doi.org/10.51875/jibms.v1i1.174

Most read articles by the same author(s)