ANALISIS PRAKTIK DALAM ETIKA BISINIS SYARIAH
(Studi Kasus Pasar Sipon Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.154Keywords:
etika islam, etika bisnis, etika bisnis islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika bisnis pedagang secara islam, bagaimana praktik etika bisnis pedagang di pasar Sipon Tangerang dan untuk mengetahui etika bisnis syariah di kalangan pedagang muslim di pasar Sipon Tangerang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. informan penelitian ini berjumlah 30 orang. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan pedagang di pasar Sipon Tangerang. Hasil dari penelitian tersebut ditemukan bahwa belum sepenuhnya para pedagang di Pasar Sipon Tangerang faham mengenai etika bisnis syariah, namun dari jawaban yang mereka berikan mengenai menjaga kehalalan produk serta bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan sudah bisa dikatakan bahwa mereka sedikitnya telah menerapkan etika bisnis secara syariah.