LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PERKEMBANGAN REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.51875/jiegc.v4i2.257Keywords:
Bimbingan Konseling, Perkembangan RemajaAbstract
Setiap remaja memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan tahap perkembangannya. Namun masih ada beberapa remaja yang belum memhami secara utuh setiap perkembangannya seperti aspek emosionalnya. Hal ini dilihat dari hasil Inventori Tugas Perkembangan (ITP) yang kemudian dianalis menggunakan Analisis Tugas Perkembangan (ATP) yang kemudian diberikan layanan bimbingan kalsikal. Layanan bimbingan klasikal diberikan dengan topik sesuai hasil ATP terendah yaitu aspek kematang intelektual dengan skor (2,516). Metode yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII C SMPIT Indra Bangsa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Setelah dilakukan bimbingan klasikal siswa menunjukkan sikap positif dan memahami bahwa pekembangan masa remaja menuju dewasa harus dilewati, sehingga siswa belajar menjadi individu yang mandiri