LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PERKEMBANGAN REMAJA

Authors

  • Nur Hermatasiyah Institut Daarul Qur’an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/jiegc.v4i2.257

Keywords:

Bimbingan Konseling, Perkembangan Remaja

Abstract

Setiap remaja memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan tahap perkembangannya. Namun masih ada beberapa remaja yang belum memhami secara utuh setiap perkembangannya seperti aspek emosionalnya. Hal ini dilihat dari hasil Inventori Tugas Perkembangan (ITP) yang kemudian dianalis menggunakan Analisis Tugas Perkembangan (ATP) yang kemudian diberikan layanan bimbingan kalsikal. Layanan bimbingan klasikal diberikan dengan topik sesuai hasil ATP terendah yaitu aspek kematang intelektual dengan skor (2,516). Metode yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII C SMPIT Indra Bangsa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Setelah dilakukan bimbingan klasikal siswa menunjukkan sikap positif dan memahami bahwa pekembangan masa remaja menuju dewasa harus dilewati, sehingga siswa belajar menjadi individu yang mandiri

Published

2023-06-15

How to Cite

Hermatasiyah, N. (2023). LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PERKEMBANGAN REMAJA. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 4(1), 01–06. https://doi.org/10.51875/jiegc.v4i2.257