KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM KITAB FAIDHURRAHMAN SEBAGAI UPAYA PENANGANAN KRISIS SPIRITUAL
DOI:
https://doi.org/10.51875/attaisir.v3i1.98Keywords:
Sufi, Penddikan, Tassawuf, K H Sholeh Darat, Tafsir Faidhurrohman.Abstract
Pada zaman modern saat ini krisis spiritual tergerus oleh berbagai kemajuan peradaban. Tidak jarang saat ini banyak dijumpai banyaknya masalah yang berkaitan tentang moral dan etika. Pada kenyataannya keberhasilan secara material dan intelektual saja tidaklah cukup, pendidikan agama membawa manusia lebih dekat kepada Tuhannya dan membuat manusia tidak kehilangan kendali atas kehidupan, kehilangan akal atau bingung menghadapi dunia modern yang berkembang pesat yang penuh dengan persaingan dalam berbagai hal dan individualisme yang tinggi. Pendidikan sufi atau tasawuf merupakan usaha secara sadar ke arah yang diharapkan, yaitu terbentuknya generasi yang berilmu dan berakhlak mulia, serta tidak hanya berakhlak mulia di luar, tetapi juga berakhlak mulia berdasarkan hukum Islam, yaitu mendukung Al-quran dan Hadits, melalui hati dan pikiran yang mulia yang bertawakal kepada Allah swt (Tauhid). Dalam kepenulisan ini digunakan metode research library untuk menjawab permasalahan di atas, serta literasi dari kitab Faidhurrahman, jurnal dan artikel. Hasil penelitian ini ini memuat inti dari tasawuf yaitu Takhalli, Tahalli dan Tajalli yang mana masing-masing terdiri dari berbagai aktivitas yang dapat menyucikan jiwa seorang individu.