PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

Authors

  • Muhammad Nurman
  • Nur Diana Dewi Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

ukuran perusahaan,, leverage,, earnings management

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, dan leverage terhadap earnings management pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 perusahaan sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode laporan tahunan yang digunakan dalam penelitian tahun 2020 sampai dengan 2022. Total sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan purposive sampling sebanyak 108 sample pada perusahaan sub sektor industri barang konsumsi yang telah memenuhi kriteria penelitian dari total populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh data laporan tahunan di situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id dan situs masing-masing perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan : ukuran perusahaan, leverage berpengaruh terhadap earnings management.

Kata Kunci: ukuran perusahaan, leverage, earnings management.

Published

2023-12-15

How to Cite

Nurman, M., & Diana Dewi, N. (2023). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 4(2), 1–9. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/jibms/article/view/252