ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TRANSAKSI BISNIS ONLINE

Authors

  • Adriandi Kasim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

Keywords:

Etika, Bisnis, Islam, Transaksi Online

Abstract

Penelitian yang dibuat saat ini bertujuan untuk melihat bagaimana Tinjauan Etika dan Bisnis Islam terhadap Transaksi Bisnis online, masing-masing pihak antara produsen dan konsumen sudah melakukan etika bertransaksi sesuai dengan yang terdapat di dalam etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Penelitian sekarang ini dibuat dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan menelusuri kembali terhadap bahan bacaan terkait dengan permasalahan yang diangkat. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan beberapa hal, yakni : Pertama, dalam transaksi bisnis online masing-masing ada kelebihan dan kekurangan dalam menjalankannya; Kedua, di beberapa marketplace yang ada saat ini, sudah menerapkan prinsip-prinsip dasar dari etika berbisnis; Ketiga, etika dalam berbisnis yang di terapkan di berbagai marketplace kebanyakan sudah se jalan dengan etika berbisnis Islam.

Published

2021-06-15

How to Cite

Kasim, A. (2021). ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP TRANSAKSI BISNIS ONLINE. AL-IKHTISAR: The Renewal of Islamic Economic Law, 2(1), 19–30. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/al-ikhtisar/article/view/59