PENGARUH IMAN TERHADAP KONSUMSI BARANG ATAU JASA

Authors

  • Rina Susanti Abidin Bahren Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

Iman, barang, jasa

Abstract

Keimanan diletakkan langsung di dalam diri manusia dan menjadi bagian dari manusia itu sendiri, disaat sekarang ini aliran sekularisme, liberalisme dan materialisme berpengaruh kuat dalam setiap lini kehidupan masyarakat, baik dari segi religius, sosial dan terlebih dari segi ekonomi. Semua ini disebabkan karena keimanan berperan penting dalam signifikansi dari maqashid syariah. Tujuan penelitian ini adalahh untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iman terhadapt pola konsumsi barang atau jasa dalam kehidupan ekonomi saat ini. Karean faktanya bahwa, seorang muslim yang baik hendaknya memliki beberapa acuan dalam hal memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam kehidupannya di dunia ini, yaitu sifat mereka dalam soal harta:(1) Tidak bersifat isrâf dan tabdzîr, yakni membelanjakan harta dalam kemaksiatan; (2) Tidak iqtâr (kikir, bakhil), yakni enggan menginfakkan harta dalam ketaatan; (3) Hanya membelanjakan harta mereka dalam ketaatan. Metode penelitian ini penelitian kepustakaan (library research) ialah penelitian yang mengunakan cara untuk mendapatkan data informasi dengan menempatkan fasilitas yang ada di perpus, seperti buku, majalah, dokumen, catatan kisah-kisah sejarah.

Published

2020-12-15

How to Cite

Abidin Bahren, R. S. (2020). PENGARUH IMAN TERHADAP KONSUMSI BARANG ATAU JASA. AL-IKHTISAR: The Renewal of Islamic Economic Law, 1(1), 41–50. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/al-ikhtisar/article/view/21