PELATIHAN KAIDAH DAQU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ASHABUS SYUFFAH

Authors

  • Karnita Maharani Institut Daarul Qur'an Jakarta
  • Ridhani Ayu Nur Hikmah Institut Daarul Qur'an Jakarta
  • Khoirun Nidhom Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

Kaidah Daqu, Membaca Al-Qur'an, Pondok Pesantren, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Kaidah Daqu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an para santri di Pondok Pesantren Ashabus Syuffah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi santri, ustadz/ustadzah, dan pengelola pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kaidah Daqu yang mencakup metode pembelajaran berbasis talaqqi, nadzhom, serta pembiasaan membaca Al-Qur'an secara intensif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an santri. Faktor-faktor pendukung keberhasilan implementasi kaidah Daqu meliputi dukungan penuh dari pengasuh pesantren, serta komitmen santri dalam belajar. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan latar belakang kemampuan santri, kurangnya media pembelajaran,dan keterbatasan waktu belajar. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu kekurangan yang ada akan tertutupi dengan semangat dari para pengajar dan para santri dalam proses pembelajaran.Temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an di pondok pesantren untuk membentuk generasi yang unggul dalam pemahaman dan pengamalan Al-Qur'an.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-06-2025

How to Cite

Karnita Maharani, Ridhani Ayu Nur Hikmah, & Khoirun Nidhom. (2025). PELATIHAN KAIDAH DAQU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ASHABUS SYUFFAH. Khadimul Mujtama’: Journal of Community Service, 1(1), 12–19. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/khadimulmujtama/article/view/452