PENGENALAN MENULIS HURUF HIJAIYAH METODE HAMIDIYAH DI MAJLIS NURUL HIDAYAH
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mengimplementasikan metode Hamidiyah dalam pembelajaran menulis huruf hijaiyah di Majlis Nurul Hidayah, Desa Marga Mulya, Tangerang. Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat mitra adalah masih rendahnya keterampilan menulis huruf hijaiyah, terutama di kalangan anak-anak dan remaja, serta kurangnya media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan literasi agama sekaligus melestarikan seni Islam. Program ini dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, survei, serta analisis dokumen. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan metode Hamidiyah mampu meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah, menumbuhkan minat belajar santri, dan memperkuat peran Majlis Nurul Hidayah sebagai pusat pendidikan Islam berbasis masyarakat. Selain itu, metode ini juga memberikan kontribusi dalam pelestarian seni kaligrafi khot Naskh sebagai salah satu warisan budaya Islam. Dengan demikian, metode Hamidiyah dapat menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif, relevan, dan inklusif bagi lembaga pendidikan Islam nonformal.