EKSPLORASI STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MATERI IPS KEPADA SISWA SLOW LEARNER DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.51875/jispe.v6i01.704Keywords:
Strategy, Teacher, Social Studies Content, Slow Learner, Primary SchoolAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penelitian mendalam tentang strategi pembelajaran guru dalam mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kepada siswa slow learner di sekolah dasar inklusif. Anak slow learner memiliki karakteristik kognitif dan sosial yang unik sehingga memerlukan pendekatan pembelajaran yang berbeda, khususnya dalam memahami konten IPS berbasis konseptual dan naratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi yang digunakan oleh guru kelas V dalam menyampaikan materi IPS kepada anak slow learner di tiga sekolah dasar inklusif di Kalimantan Tengah: SKH Negeri 1 PR, SKH Negeri 2 PR, dan SKH MC. Pendekatan kualitatif deskriptif diterapkan, dengan data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari guru kelas V yang telah menerapkan praktik pengajaran adaptif untuk anak slow learner. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola strategi dan implementasi kontekstual. Temuan penelitian mengungkapkan tiga strategi utama: diferensiasi konten dan penyederhanaan bahasa, pemanfaatan media visual dan alat bantu konkret, dan penguatan interaksi sosial melalui pendekatan kolaboratif. Strategi-strategi ini mendukung pemahaman konseptual, keterlibatan aktif, dan pengembangan sosial anak slow learner. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan pengajaran yang responsif, kontekstual, dan inklusif dapat meningkatkan kualitas pengajaran Ilmu Sosial sekaligus memperkuat partisipasi sosial siswa dalam komunitas kelas.