IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN DAN KEARTIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR KELAS IV

Authors

  • Luqman Azhary UIN SALATIGA
  • Erni Suharini Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiatmoko Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51875/jispe.v6i01.602

Keywords:

Environment, local wisdom, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran IPS berbasis lingkungan dan kearifan lokal di kelas IV sekolah dasar. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang meliputi observasi kelas, wawancara guru, dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan siswa. Data yang terkumpul dianalisis untuk memahami bagaimana pembelajaran IPS dapat diintegrasikan dengan potensi lokal dan nilai-nilai budaya lokal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis konteks dan kearifan lokal tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tetapi juga memperkuat identitas dan karakter budaya mereka. Selain itu, keterlibatan masyarakat sekitar sebagai sumber belajar memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam mengimplementasikan jenis pembelajaran ini, termasuk kurangnya sumber daya dan dukungan dari sekolah. Temuan ini mendukung pentingnya mengembangkan kurikulum di pendidikan dasar yang disesuaikan dengan nilai-nilai lokal untuk memberikan siswa pemahaman yang lebih komprehensif tentang lingkungan dan budaya mereka. Lebih lanjut, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pelatihan guru agar dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis tempat secara lebih efektif. 

Published

2025-06-30

How to Cite

Azhary, L., Suharini, E., & Widiatmoko, A. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN DAN KEARTIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR KELAS IV. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 6(01), 34–45. https://doi.org/10.51875/jispe.v6i01.602