ANALISIS DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51875/jibms.v5i1.262Keywords:
penanganan pengaduan, persepsi teknologi informasi, risikoAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh handling of complaint, persepsi terhadap teknologi informasi dan risiko terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking di Bank Syariah Indonesia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Data yang diperoleh dianalisis regresi linear berganda dan dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Hasil penilitian ini menyimpulkan bahwa Handling of Complaint (X1) nilai signifikansinya 0,040 < 0.05 (lebih kecil). Hal ini menunjukkan Handling of Complaint (X1) memiliki pengaruh secara signifikansi terhadap minat nasabah Bank Syariah Indonesia dalam menggunakan internet banking. Persepsi teknologi informasi (X2) nilai Signifikansinya 0,010<0.05 (lebih kecil). Hal ini menunjukkan Persepsi Teknologi Informasi (X2) memiliki pengaruh secara signifikansi terhadap minat nasabah Bank Syariah Indonesia dalam menggunakan internet banking. pada variabel risiko (X3) nilai signifikansinya 0,041<0.05 (lebih kecil). Hal ini menunjukkan Risiko (X3) memiliki pengaruh secara signifikansi terhadap minat nasabah Bank Syariah Indonesia dalam menggunakan internet banking. Pada variabel (simultan) Handling of Complaint (X1), persepsi teknologi informasi (X2), risiko (X3) terhadap minat nasabah (Y) memiliki signifikansi sebanyak 0.000<(lebih kecil) dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa handling of complaint (X1), persepsi teknologi informasi (X2), risiko (X3) memiliki pengaruh secara signifikansi terhap minat nasabah Bank Syariah Indonesia dalam menggunakan internet banking.