STRATEGI PENDIRIAN MINI MARKET DENGAN MODAL TERBATAS

(Studi Kasus pada Yumaya Mart Kraksaan Probolinggo)

Authors

  • Moh. Rifa’i Universitas Nurul Jadid
  • Zubaidi Institut Daarul Qur’an Jakarta
  • Ahmad Tijani STEBI BAMA Probolinggo
  • Devi Amaliya Putri STEBI BAMA Probolinggo
  • Mukhlisin Saad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51875/jibms.v3i1.189

Keywords:

strategi, pendirian mini market, modal terbatas

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi mendirikan minimarket dengan modal terbatas yang mana problematika ini selalu menjadi alasan utama bagi para pengusaha terumata, terutama pengusaha pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan 3 teknik pengumpulan data yang terdiri atas interview, observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan purposive sampling namun tetap mempertimbangkan rekomendasi-rekomendasi prioritas (Snowball sampling). Sedangkan alisis data menggunakan model Mile dan Huberman yaitu pengumpulan data, display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan yang dikuatkan dengan trianggulasi dan perpanjangan waktu sesuai kebutuhan otentisitas data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pendirian minimarket dengan modal terbatas antara lain implementasi sikap optimisme dan niat karena Allah SWT oleh pendiri, pemanfaat sistem kasir gratis untuk layanan transaksi dan pemberian bonus bagi konsumen, pemanfaatan aplikasi gratis dalam promosi barang dagangan, pemasangan laman bisnis di Google sebagai space utama Yumaya Mart, pengetahuan dan pengalaman perintis yang memadai dalam mengelola Minimarket, keterlibatan perintis Yumaya Mart dalam kelompok forum usaha, dan pelibatan masyarakat dalam pemenuhan barang dengan sistem konsinyasi

Published

2022-06-15

How to Cite

Rifa’i, M., Zubaidi, Tijani, A., Amaliya Putri, D., & Saad, M. (2022). STRATEGI PENDIRIAN MINI MARKET DENGAN MODAL TERBATAS: (Studi Kasus pada Yumaya Mart Kraksaan Probolinggo). Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51875/jibms.v3i1.189