STRATEGI PENDIRIAN MINI MARKET DENGAN MODAL TERBATAS
(Studi Kasus pada Yumaya Mart Kraksaan Probolinggo)
DOI:
https://doi.org/10.51875/jibms.v3i1.189Keywords:
strategi, pendirian mini market, modal terbatasAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi mendirikan minimarket dengan modal terbatas yang mana problematika ini selalu menjadi alasan utama bagi para pengusaha terumata, terutama pengusaha pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan 3 teknik pengumpulan data yang terdiri atas interview, observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan purposive sampling namun tetap mempertimbangkan rekomendasi-rekomendasi prioritas (Snowball sampling). Sedangkan alisis data menggunakan model Mile dan Huberman yaitu pengumpulan data, display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan yang dikuatkan dengan trianggulasi dan perpanjangan waktu sesuai kebutuhan otentisitas data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi pendirian minimarket dengan modal terbatas antara lain implementasi sikap optimisme dan niat karena Allah SWT oleh pendiri, pemanfaat sistem kasir gratis untuk layanan transaksi dan pemberian bonus bagi konsumen, pemanfaatan aplikasi gratis dalam promosi barang dagangan, pemasangan laman bisnis di Google sebagai space utama Yumaya Mart, pengetahuan dan pengalaman perintis yang memadai dalam mengelola Minimarket, keterlibatan perintis Yumaya Mart dalam kelompok forum usaha, dan pelibatan masyarakat dalam pemenuhan barang dengan sistem konsinyasi