ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN PRODUK PADA SISTEM PENJUALAN TOKO PUTRA ELEKTRONIK

Authors

  • Maria Sri Wulandari STMIK Jakarta STI&K
  • Rahayu Noveandini STMIK Jakarta STI&K
  • Noval Dwi Putra STMIK Jakarta STI&K

DOI:

https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.184

Keywords:

penjualan online, analisis sentimen, algoritma naïve bayes, term frequency, likehood

Abstract

Toko Putra Elektronik adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan elektronik seperti handphone, komputer, laptop, dan lain-lain yang berlokasi di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara. Proses transaksi yang berjalan selama ini masih bersifat manual. Berdasarkan hal tersebut penulis mengusulkan membangun sistem penjualan secara online. Rancangan sistem tersebut menggunakan UML dan bahasa pemrograman PHP serta Laravel. Disamping itu dibangun pula fitur untuk ulasan dari pelanggan dengan tujuan untuk mengetahui emosi pelanggan pada produk yang ditawarkan bersifat positif atau negatif dengan menggunakan algoritma naïve bayes melalui pembobotan tf (term frequency) dan likehood

Published

2021-12-15

How to Cite

Sri Wulandari, M., Noveandini, R., & Dwi Putra, N. (2021). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN PRODUK PADA SISTEM PENJUALAN TOKO PUTRA ELEKTRONIK. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 84–98. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.184