ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN PRODUK PADA SISTEM PENJUALAN TOKO PUTRA ELEKTRONIK
DOI:
https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.184Keywords:
penjualan online, analisis sentimen, algoritma naïve bayes, term frequency, likehoodAbstract
Toko Putra Elektronik adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan elektronik seperti handphone, komputer, laptop, dan lain-lain yang berlokasi di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara. Proses transaksi yang berjalan selama ini masih bersifat manual. Berdasarkan hal tersebut penulis mengusulkan membangun sistem penjualan secara online. Rancangan sistem tersebut menggunakan UML dan bahasa pemrograman PHP serta Laravel. Disamping itu dibangun pula fitur untuk ulasan dari pelanggan dengan tujuan untuk mengetahui emosi pelanggan pada produk yang ditawarkan bersifat positif atau negatif dengan menggunakan algoritma naïve bayes melalui pembobotan tf (term frequency) dan likehood