KEKUATAN CSR PERBANKAN DI INDONESIA

Authors

  • Abdul Ghofur Institut Daarul Qur’an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/jibms.v2i1.182

Keywords:

Perbankan, BUMN, CSR

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh CSR perbankkan BUMN terbesar yang ada di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesis tentang H1. Seberapa besar pengaruh positif inisiatif CSR terhadap keterampilan merek. H2. Pengaruh positif inisiatif CSR terhadap kepuasan nasabah. H3. Pengaruh positif keterampilan merek terhadap kepuasan nasabah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah bank BUMN yaitu bank Mandiri, BRI dan BNI. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel kepada nasabah bank di masing-masing kantor cabang dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah keseluruhan sampel adalah sebanyak 190 responden dengan jumlah indikator sebanyak 19, yang diambil dari setiap bank Mandiri, BRI dan BNI di Provinsi DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis persepsi responden terhadap variabel inisiatif CSR secara keseluruhan menghasilkan respons yang baik dari responden dilihat dari rata-rata 6 item pernyataan dari indicator inisiatif CSR yaitu diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 3,7798, yang berarti responden setuju bahwa inisiatif CSR berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Persepsi responden terhadap variabel ketrampilan merek secara keseluruhan menghasilkan respons yang baik dari responden. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata jawaban responden sebesar 3,6389 yang berarti responden setuju bahwa inisiatif CSR berpengaruh terhadap keterpilihan merek. Persepsi responden terhadap variabel kepuasan pelanggan secara keseluruhan dari kedelapan item pernyataan pada variabel Kepuasan Pelanggan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 3,7769, artinya responden setuju bahwa keterpilihan merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Published

2021-06-15

How to Cite

Ghofur, A. (2021). KEKUATAN CSR PERBANKAN DI INDONESIA. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i1.182