Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Pencapaian Hafalan Alquran Santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang

Authors

  • Ahmad Jamil Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

Guru tahfizh, Hafalan santri, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an

Abstract

Menghafal Alquran merupakan kegiatan yang memerlukan fokus, kesungguhan, dan bimbingan guru yang kompeten. Bimbingan dari guru yang kompeten, dapat menjamin kebenaran bacaan hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai upaya yang dilakukan oleh guru di dalam peningkatan hafalan Alquran para santri di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Berdasar temuan penelitian, maka dapat dipaparkan bahwa terdapat empat upaya utama guru tahfizh dalam meningkatkan hafalan santri. Pertama, senantiasa memberikan motivasi. Kedua, memberlakukan reward and punishment. Ketiga, pendampingan murojaah, dan keempat, menggunakan berbagai varian metode dan teknik pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penlitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa upaya Guru Tahfizh dalam peningkatkan hafalan Alquran santri adalah sebagai berikut: pertama: senantiasa memptivasi santri untuk terus menghafal Alquran; kedua: memberi reward and punishment yang proporsional dan terukur; ketiga: pendampingan untuk muraja’ah, dan keempat: menggunakan metode pembelajaran yang beragam.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Ahmad Jamil. (2023). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Pencapaian Hafalan Alquran Santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. AT-TAISIR: Journal of Indonesian Tafsir Studies, 4(2), 12–19. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/at-taisir/article/view/243