KUALITAS RUHANI GURU, ADAB, SANAD, DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN : TINJAUAN BERDASARKAN SURATAL KAHFI AYAT 60-82

Authors

  • Muhammad Fadhila Azka Institut Daarul Qur’an, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51875/attaisir.v3i1.100

Keywords:

Adab, Filsafat Pendidikan, Tafsir, Guru, Ilmu

Abstract

Tulisan ini ingin memuat satu kajian yang menganalisis unsur-unsur utama pendidikan yang berkisar pada manusia dimana manusia terdiri dari jasmani dan ruhani, kemudian pada kisaran hakikat ilmu dan pengaruhnya kepada proses Pendidikan itu sendiri mengacu kepada pandangan Islam yang di tilik melalui Tafsir al Qur’an atas surat al kahfi ayat 65-82, filsafat pendidikan Islam dan tasawuf. Metodologi yang digunakan adalah library research atau studi literatur. Hasil yang didapat adalah Pendidikan merupakan suatu keseluruhan daya budaya yang mempengaruhi kehidupan perorangan maupun kelompok masyarakat. Artinya,  pendidikan memiliki signifikansi berupa pembentukan, pengembangan, dan modifikasi. Bagi penulis, hal tersebut menggambarkan pengetahuan yang terus berkembang dan pendidikan senantiasa berkisar pada gagasan dan perbuatan alias ilmu dan amal. Guru menjadi sumber pengetahuan tunggal dan bahkan menjadi pengetahuan itu sendiri sehingga bagaimanapun keadaannya adalah sangat naïf untuk salah dan dikritik. Otoritas ilmu sepenuhnya ada pada guru. Dalam pendidikan selain Islam, hubungan terjalin hanya antara yang mengajar(guru) dengan yang diajar(murid) secara bilateral. Tindakan timbal balik yang terjadi pun hanya bersifat mekanistik, baik berupa sesuatu yang kompleks, ringkas, dan horizontal. Sementara dalam pendidikan Islam, Allah terlibat dalam proses pendidikan. Terdapat hubungan langsung antara Allah dengan guru, Allah dengan murid, dan hubungan antara guru dan murid. Hal tersebut bersifat fluid dan vertikal sekaligus horizontal. Andaikan hubungan seorang guru dengan Allah tidak dijaga sepanjang proses pendidikan, maka akan memberi dampak langsung bagi penerimaan murid. Begitu pula jika hubungan murid dengan Allah tidak terjaga maka akan memberi dampak kepada penyampaian gurunya.

Published

2022-06-15

How to Cite

Fadhila Azka, M. (2022). KUALITAS RUHANI GURU, ADAB, SANAD, DAN PENGARUHNYA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN : TINJAUAN BERDASARKAN SURATAL KAHFI AYAT 60-82. AT-TAISIR: Journal of Indonesian Tafsir Studies, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.51875/attaisir.v3i1.100