PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS II DI MI NASHRUL FAJAR KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.51875/jispe.v6i01.604Keywords:
Media Development, Scrapbook, EnglishAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses pengembangan media pembelajaran Scrapbook untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II di MI Nashrul Fajar Kota Semarang dan untuk mengevaluasi tingkat kevalidan media Scrapbook yang dikembangkan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II di MI Nashrul Fajar Kota Semarang. Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan pendekatan model Richey dan Klein. Data dikumpulkan melalui metode observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif berdasarkan hasil angket dari guru, siswa, ahli media, dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Scrapbook untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas II di MI Nashrul Fajar Kota Semarang sangat valid untuk diujicobakan kepada siswa. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 48, nilai rata-rata 4,8 dan memperoleh validitas 96%. Sedangkan untuk ahli materi (Expert) memperoleh skor 48, nilai rata-rata 4,8 dan memperoleh validitas 96%, dan ahli materi praktisi memperoleh skor 45, nilai rata-rata 4,5 dan memperoleh validitas 90%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook pada materi Bahasa Inggris kelas II di MI Nashrul Fajar dinyatakan “sangat valid” untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas khususnya II MI Nashrul Fajar Kota Semarang.