PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENGENALKAN KONSEP DASAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51875/jispe.v6i01.586Keywords:
Learning Media, Domino Cards, MathematicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi media kartu domino sebagai alternatif kreatif untuk mengajarkan konsep matematika dasar seperti bilangan, operasi hitung sederhana (penjumlahan dan pengurangan), dan pemahaman nilai tempat. Media kartu domino diharapkan dapat menjadikan pembelajaran di kelas II SD menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan efektif dengan menggunakan pendekatan visual dan kinestetik yang ditawarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 langkah yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa kartu domino layak untuk diujicobakan di sekolah karena telah tervalidasi oleh validator ahli media, bahasa, dan materi serta dinilai layak dengan rata-rata presentase lebih dari 90%. siswa terlihat antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan media kartu domino, hal ini terlihat dari hasil analisis angket respon siswa yaitu sebesar 93,9% yang menunjukkan respon siswa sangat positif.