PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Erni Kurniasih Universitas Kuningan
  • Aan Nurhasanah Universitas Kuningan
  • Gilang Krispsiyadi Praramdana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.270

Keywords:

Media Audio Visual, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Cihideunghilir tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 50 orang, yaitu 24 siswa kelas A yang diberi perlakuan. sebagai kelas eksperimen yang akan diajar dengan menggunakan media audio visual dan 26 siswa kelas VB B akan dijadikan sebagai kelas kontrol yang akan diajar dengan menggunakan media gambar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan teknik analisis data menggunakan uji t dan uji N-gain untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh media audio visual dan siswa yang memperoleh media gambar setelah diberikan perlakuan (posttest), dan Terdapat perbedaan peningkatan (gain) pada hasil belajar siswa antar kelas yang menerima media gambar. Dengan kelas yang mendapat media audio visual

Published

2023-12-25

How to Cite

Kurniasih, E., Nurhasanah, A., & Krispsiyadi Praramdana, G. (2023). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 104–112. https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.270