PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOARD PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Suparmi Ningsih Universitas Nurul Huda
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.269

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Smart Board, KPK dan FPB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran smart board pada materi KPK dan FPB  kelas IV SD Karya Makmur dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Smart Board pada materi KPK dan FPB kelas IV SD Karya Makmur. Metode penelitian ini menggunakanm research and development (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan pengembangan namun peneliti hanya menggunakan tiga tahap yaitu Analysis (analisa), Design (desain/perancangan), dan Development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian ini adalah hasil uji kelayakan media pembelajaran Smart Board pada materi KPK dan FPB kelas IV SDN Karya Makmur yang telah dikembangkann oleh penelitian ini menunjukan presentase kevalidan yang sangat valid atau sangat layak. Dengan presentase sebesar 85% dengan kriteria “sangat layak” diperoleh dari penilaian ahli materi, presentase sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak” diperoleh dari ahli media dan presentase sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak” diperoleh dari ahli guru sebagai praktisinya.

Published

2023-12-25

How to Cite

Suparmi Ningsih, S., Pravitasari, D., & Enggar Kencana Dewi, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOARD PADA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 94–103. https://doi.org/10.51875/jispe.v4i2.269