PENGEBANGAN PERANGKAT AJAR PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SISWI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marzuki Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

Pengembangan, Perangkat Ajar, IPA, Multimedia

Abstract

Selama ini cara pembelajaran secara face-to-face ternyata memiliki kelemahan. Salah satunya adalah tingkat penerimaan setiap siswa yang berbeda-beda sehingga ada siswa yang mengerti, kurang mengerti dan bahkan tidak sama sekali. Dalam hal ini, perangkat ajar berbasis komputer bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan ini. Di samping itu, perangkat ajar seperti ini juga dapat meringankan beban para pengajar, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan bahan-bahan yang diajarkan bisa dimengerti oleh siswa. Melalui cara belajar dengan menggunakan komputer, pelajaran bisa disampaikan dalam bentuk interaktif dan bisa mengilustrasikan sebuah konsep melalui animasi, suara dan demonstrasi yang atraktif. Metode yang digunakan pengembangan (research and development atau R dan D), desain penelitian menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan strategi eksploratoris sekuensial. Pengembangan aplikasi ini sampai di tahapan design.Hasil penelitian bahwa 1) terbentuknya aplikasi pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. 2) aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman  HTML dan PHP. 3) aplikasi telah diujicobakan dengan 3 browser, yaitu Mozzila Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer. Hasil yang terbukti, aplikasi Pembelajaran IPA yang diakses dengan menggunakan browser Mozilla Firefox dinilai lebih baik dengan kecepatan akses 2, 26 detik dan hasil tampilan yang sangat baik.

Published

2020-12-23

How to Cite

Marzuki, M. (2020). PENGEBANGAN PERANGKAT AJAR PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA SISWI SEKOLAH DASAR. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 43–48. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/jispe/article/view/16

Issue

Section

Articles