IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51875/jispe.v1i1.15Keywords:
Implementasi, PPK, budaya sekolahAbstract
Tujuan penelitian ini mengkaji secara spesifik tentang implementasi PPK berbasis budaya sekolah pada SD di Kota Semarang. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif desain penelitian studi kasus, sumber data dilakukan secara purposive sampling, pengumpulan data menggunakan checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Pengujian data mengunakan trianggulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data kualitatif model Milles and Huberman. Implementasi berbasis budaya sekolah dalam mengembangkan tradisi – tradisi unggulan PPK di sekolah telah baik, mengapresiasi kearifan lokal dan menumbuhkan keterampilan abad 21 sudah berjalan dengan sangat baik. Namun, ada sekolah yang belum maksimal menerapkan bimbingan konseling. Langkah-langkah pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah meliputi menyusun jadwal harian/mingguan, mendesain kurikulum 2013, evaluasi peraturan sekolah, pengembangan tradisi sekolah, pengembangan kegiatan kokurikuler, ekstrakurikuler.