ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO

Authors

  • Hadi Rohyana Institut Daarul Qur'an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/jispe.v1i1.13

Keywords:

problem based learning, edmodo, berpikir kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model problem based learning berbantuan edmodo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika, serta mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah kelompok berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method berdesain concurrent embeddeddengan metode kualitatif sebagai metode primer. Menggunakan teknik analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, verifikasi) dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) uji ketuntasan menunjukkan z_(hitung) =1,01, z_(hitung )>z_tabel maka hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah mencapai ketuntasan minimal lebih dari 75%. Hasil uji beda diperoleh nilai t sebesar 9,238. Hasil rataan kelas eksperimen 79,10, sedangkan rataan kelas kontrol 71,93. Hasil uji peningkatan diperoleh siswa dengan kriteria tinggi sebanyak 15 siswa, sedang sebanyak 13 siswa, dan rendah sebanyak 2 siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah sebesar 93,3%. (2) Proses berpikir kritis siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah menunjukkan jika siswa telah melalui tahap klarifikasi, assessment, dan inferensi.

Published

2020-12-02

How to Cite

Rohyana, H. (2020). ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51875/jispe.v1i1.13