WHATSAPP MEDIA ALTERNATIF E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI TENGAH PANDEMIC COVID-19 DI SD FULLDAY DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KETAPANG

Authors

  • Fitriana Siregar Institut Daarul Qur'an Jakarta

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Tahfidz, WhatsApp, E-Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternative e-learning dalam pembelajaran tahfidz di SD Fullday Daarul Qur’an Internasional Ketapang di tengah pandemic Covid-19. Metode dalam penulisan adalah dengan metode deskritptif kualitatif, kemudian dilakukan pencarian data-data yang paling relevan dan utama terkait dengan kajian tentang media alternatif e-learning dalam pembeajaran tahfidz di tengah pandemic covid 19 serta selanjutnya dilakukan analisis data  dengan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Meskipun ditengah pandemic covid-19 yang menyebabkan ustadz/ ustadzah serta siswa /i tidak dapat bertemu dan melangsungkan kegiatan halaqoh seperti biasanya.  Proses belajar mengajar tetap bisa berjalan. Sebagai seorang pendidik, ustadz ustadzah di SD full day Daarul Qur’an Ketapang diminta untuk tetap terus menambah pengetahuan, dengan mengikuti beberapa pelatihan yang diselenggarakan pihak yayasan. Untuk mengembangkan diri maupun wawasan mereka. Aplikasi Whatsapp dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran berbasis e-learning dalam masa masa pandemic yang menyebabkan guru dan santri tidak bisa bertemu.

Published

2020-12-06

How to Cite

Siregar, F. (2020). WHATSAPP MEDIA ALTERNATIF E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI TENGAH PANDEMIC COVID-19 DI SD FULLDAY DAARUL QUR’AN INTERNASIONAL KETAPANG. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 21–28. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/jispe/article/view/12

Issue

Section

Articles