KORBAN BULLYING: BAGAIMANA DINAMIKA DAN PENANGANANNYA DENGAN KONSELING KELOMPOK PENDEKETAN GESTALT

Authors

  • Sofyan Abdi Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Afra Hasna Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Khoirunnisa Miftahul Jannah Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Rachel Putri Aurelya Siloam Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Ghaida Muthmainnah Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Nabila Putri Desmitha Universitas Islam As-syafi’iyah
  • Tiall Septianingrum Universitas Islam As-syafi’iyah

Keywords:

Dinamika, Konseling Kelompok, Pendekatan Gestalt, Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemahaman yang mendalam berkaitan dengan dinamika kelompok terhadap korban bullying di SMP Yatama As-syafi’iyah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 5 siswa sebagai sampel, dengan 2 siswa yang menjadi fokus penelitian. Sampel diambil dari populasi siswa SMP Yatama As-syafi’iyah kelas VII. Instrumen penelitian meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi partisipatif dengan keabsahan data triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data mencakup, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan Pendekatan Gestalt telah mampu membangun dinamika kelompok, terbangunnya dinamika kelompok ditandai dengan anggota kelompok yang merasa aman dan nyaman ketika mengungkapkan pikiran dan pengalaman mereka tanpa rasa takut dan dihakimi, anggota kelompok juga saling mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan tanggapan yang konstruktif ketika konseling kelompok dilaksanakan.

Published

2024-06-15

How to Cite

Abdi, S., Hasna, . A., Jannah, K. M., Siloam, R. P. A., Muthmainnah, . G., Desmitha, N. P., & Septianingrum, T. (2024). KORBAN BULLYING: BAGAIMANA DINAMIKA DAN PENANGANANNYA DENGAN KONSELING KELOMPOK PENDEKETAN GESTALT. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 5(01), 1–10. Retrieved from https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/jiegc/article/view/331