PROFIL SELF CONFIDENCE SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51875/jiegc.v4i2.259Keywords:
Program Layanan Bimbingan dan Konseling, Self confidence Siswa, MAS Muhammadiyah KubangkondangAbstract
Program Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan komponen integral sistem pendidikan pada setiap satuan pendidikan, yang berupaya memfasilitasi dan memandirikan peserta didik agar mencapai perkembangan yang utuh dan optimal. Semasa SMA, peserta didik dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengambil pilihan, bertanggung jawab serta memiliki daya adaptasi tinggi terhadap dinamika kehidupan yang dihadapinya. Penelitian jenis deskriptif kuantitatif ini merupakan suatu pendekatan yang memungkinkan dilakukannya pencatatan data hasil penelitian secara nyata dalam bentuk angka sehingga memudahkan dalam proses analisis data dan penafsirannya. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen (angket) pengungkap self confidence siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XII MAS Muhammadiyah Kubangkondang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah total siswa sebanyak 41 orang, 19 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Adapun proses tabulasi data menggunakan MS Excel 2010 dibantu menggunakan program SPSS versi 26.0. Berdasarkan pengolahan data siswa kelas XII MAS Muhammadiyah Kubangkondang memiliki tingkat self confidence dengan capaian skor aktual 5579 dari skor maksimal ideal 8692 atau mencapai 64,18%, dengan demikian self confidence siswa kelas XII MAS Muhammadiyah Kubangkondang tergolong “tinggi”. Kemudian hasil pengukuran aspek-aspek self confidence siswa sebagai berikut: a) aspek keyakinan akan kemampuan diri (67,53%); 2) aspek optimis (62,31%); 3) aspek objektif (44,51%); 4) aspek bertanggung jawab (61,24%); dan 5) aspek rasional dan realistis (65,24%). Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat self confidence siswa kelas XII MAS Muhammadiyah Kubangkondang tahun ajaran 2022/2023 berada pada kategori yang tinggi.