PROFIL TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SD SHIGOR DAARUL QUR’AN PUTRA
DOI:
https://doi.org/10.51875/jiegc.v4i2.256Keywords:
Bimbingan dan Konseling anak, Asesmen ITP, Tugas PerkembanganAbstract
Penelitian ditujukan untuk mengetahui gambaran profil capaian tugas perkembangan siswa kelas IV SD Shigor Daarul Qur’an pada sepuluh aspek tugas perkembangan. Desain pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian melibatkan 16 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data yaitu Inventori Tugas Perkembangan (ITP) kemudian dilakukan analisis data menggunakan software ATP. Hasil penelitian menunjukkan gambaran profil siswa kelas IV berada pada tingkat perlindungan diri (pld) dengan rata-rata tingkat perkembangan 2,96. Olehkarena itu, perlu ada tindak lanjut dari hasil temuan lapangan melalui kegiatan bimbingan dan konseling yang tepat agar siswa mampu mencapai tingkat perkembangan konformistik (kon) hingga sadar diri (sdi)