ANALISIS FISHBONE FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA ANTUSIASME MASYARAKAT TERHADAP ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51875/jibms.v1i1.173Keywords:
antusiasme, masyarakat, asuransi, syariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, merumuskan dan mengidentifikasi faktorfaktor yang menyebabkan rendahnya antusiasme mayarakat terhadap asuransi syariah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi, dengan pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD). Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Urgency, Seriousness, dan Growth (USG) dan analisis fishbone. Berdasarkan analisis USG dan Fishbone diperoleh hasil sebagai berikut: Faktor penyebab rendahnya minat masyarakat terhadap asuransi syariah yaitu: (a) Kurangnya promosi asuransi syariah dan produknya, (b) Kurangnya SDM yang profesional, (c) Kurangnya kesadaran masyarakat tentang keIslaman, (d) Dukungan pemerintah belum memadai, (e) Image, (f) Masyarakat Indonesia ini masih memiliki sifat komersil. Permasalahan utama yang memang secara urgensitas harus segera dibenahi adalah kurangnya promosi asuransi syariah dan produknya. Strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah kurangnya promosi asuransi syariah yaitu melalui media televisi, online, memperbanyak gerai asuransi syariah sampai ke pelosok daerah, pendidikan syariah di sekolah, pengajian rutin atau ta’lim