Telaah atas Pemikiran T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy

Authors

  • Ira Nur Aziza Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51875/alisnad.v3i2.130

Keywords:

Metode, Pemahaman, Hadis, T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode pemahaman hadis T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy dan upayanya dalam mengembangkan kajian pemahaman hadis di Indonesia. Penelitian ini mendukung pendapat yang menyatakan bahwa kajian terhadap metode pemahaman hadis di Indonesia telah sampai pada perkembangan yang dinamis. Hal tersebut tercermin dari usaha para pengkaji hadis di Indonesia dalam merekonstruksi metodologi pemahaman hadis agar dapat menyesuaikan dengan kondisi zaman sehingga lebih dapat diterima oleh masyarakat. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy menjadi salah seorang ulama yang mengambil peran dalam bidang ini, yaitu dengan menerapkan metode pemahaman kontekstual dalam menjelaskan hadis-hadis Nabi Saw. Karakteristik yang melekat pada karya-karya hadis T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy juga merupakan bukti bahwa perkembangan kajian terhadap metode pemahaman hadis di Indonesia adalah benar adanya.  Pembacaan terhadap karya T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy pada bidang hadis menunjukkan bahwa dalam memahami hadis ia menggunakan beberapa metode, yaitu memahami hadis dengan petunjuk al-Qur’an, mentakwil hadis-hadis musykīl, mengkompromikan hadis-hadis yang bertentangan, merujuk pada sejumlah referensi dan menggunakan beberapa pendekatan yang meliputi pendekatan historis, bahasa dan kesehatan. Adapun upaya Hasbi dalam mengembangkan kajian hadis di Indonesia tergambar dari langkahnya untuk menyajikan karya syarah hadis berbahasa lokal disaat hal tersebut masih jarang ditemui pada awal sampai pertengahan abad ke-20 karena ulama-ulama yang hidup sebelum Hasbi menulis kitab syarah hadis dalam bahasa Melayu dan Arab

Published

2022-12-15

How to Cite

Aziza, I. N. (2022). Telaah atas Pemikiran T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy. AL ISNAD: Journal of Indonesian Hadith Studies, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.51875/alisnad.v3i2.130

Issue

Section

Articles