PEMAHAMAN SISWA ATAS HADIS SALAT BERJAMAAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BERIBADAH DAN PERILAKU SOSIAL

Studi pada Siswa MAN 3 Jakarta Pusat

Authors

  • Fahmi Hidayatullael UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/alisnad.v3i2.128

Keywords:

Hadis Salat Berjamaah, Motivasi Beribadah, Perilaku Sosial

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang persepsi siswa MAN 3 Jakarta Pusat atas pengaruh hadis salat berjamaah terhadap motivasi beribadah dan perilaku sosial. Objek kajian ini adalah hadis salat berjamaah lebih utama dua pulu derajat dibandingkan salat sendiri yang diriwayatkan oleh al-Bukhari. Hadis tersebut banyak dijadikan landasan motivasi bagi pelaksanaan salat secara berjamaah. Kaitannya dengan perilaku sosial adalah bahwa salat berjamaah memberikan dampak terhadap perilaku sosial. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana persepsi siswa MAN 3 Jakarta terhadap hadis salat berjamaah yang berpengaruh kepada motivasi beribadah dan perilaku sosial? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pencarian data kepustakaan atau dokumentasi (library research), wawancara (interview), dan observasi. Penelitian ini menemukan hasil beberapa poin: Pertama, Hadis tentang keutamaan salat berjamaah mampu memberikan motivasi kepada para siswa untuk melaksanakan ibadah salat berjamaah. Kedua, menurut para siswa, mereka termotivasi melaksanakan salat berjamaah atas dasar mendapatkan pahala, keinginan dan ketaatan, kewajiban, keadaan, bimbingan atau didikan orang tua, kebiasaan, kedisiplinan waktu salat, dan tergeraknya hati untuk melaksanakan salat berjamaah. Ketiga, salat berjamaah yang dilakukan memberikan dampak positif bagi perilaku sosial siswa terhadap orang lain, yakni perilaku empati kepada orang lain, kerjasama, dan toleransi.

Published

2022-12-12

How to Cite

Hidayatullael, F. (2022). PEMAHAMAN SISWA ATAS HADIS SALAT BERJAMAAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BERIBADAH DAN PERILAKU SOSIAL: Studi pada Siswa MAN 3 Jakarta Pusat. AL ISNAD: Journal of Indonesian Hadith Studies, 3(2), 90–109. https://doi.org/10.51875/alisnad.v3i2.128

Issue

Section

Articles